:: telepon 0351 868386   [email protected]
Info Sekolah
Rabu, 19 Jun 2024
  • ” Terwujudnya Lembaga Pendidikan Kejuruan yang bertaqwa kepada Tuhan YME, santun dalam bersikap, unggul dalam prestasi, terampil dalam berkarya, serta berbudaya lingkungan “
21 Juni 2022

Sosialisasi Kegiatan Pelayanan Antarkerja di Daerah

Selasa, 21 Juni 2022 Kategori : Pendidikan

Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Madiun, Jawa Timur melalui Bidang Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja (PTKPK2) melaksanakan Penyuluhan Bimbingan Jabatan Bagi peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Jiwan di Ruang Serba Guna TKRO SMKN setempat, pada Senin 20 Juni 2022.
Turut hadir dalam kegiatan itu yakni 210 peserta yang merupakan peserta didik aktif kelas XI SMKN 2 Jiwan, dua orang narasumber bidang Analis Tenaga Kerja pos pelayanan Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Madiun’ R. Bagus Marseto, S.Psi dan Diandra Janistri W, S.Psi.
Selain itu, hadir juga Kepala SMKN 2 Jiwan’ Supriyadi, .Pd., SM.Pd serta Kepala Bidang PTKPK2 Disnaker Kabupaten Madiun’ Hengky Sukarno, S.Sos yang sekaligus berkenan membuka kegiatan ini yakni mewakili Kepala Disnaker Kabupaten Madiun’ Heru Kuncoro, S.Sos, M.Si.
Kegiatan yang digelar kali keduanya ini dalam rangka “Sosialisasi Kegiatan Pelayanan Antarkerja di Daerah Kabupaten/Kota Tahun Anggaran 2022” mendapat sambutan hangat, baik dari peserta maupun Kepala SMKN 2 Jiwan beserta jajarannya.

Ditemui seusai membuka acara’ Kepala Bidang PTKPK2 Disnaker Kabupaten Madiun’ Hengky Sukarno menyampaikan saat ini, pihaknya melaksanakan kegiatan kali keduanya. Pertama di SMK PGRI Wonoasri dan sekarang di SMKN 2 Jiwan. Berikutnya’ insya alloh akan dilaksanakan di SMKN 2 Geger. Terkait kegiatan ini, maka sasaran Disnaker Kabupaten Madiun sesuai yang di utarakan panitia penyelenggara sebanyak 650 peserta yang merupakan siswa-siswi SMK. “Untuk kegiatan pada hari ini dilaksanakan di SMKN 2 Jiwan, sesuai kuota sebanyak 210 peserta. Dari jumlah itulah, alhamdulillah hadir semua,” katanya.
Menurutnya tujuan kegiatan ini yakni untuk memberikan pengetahuan bagi siswa-siswi SMK di Kabupaten Madiun dalam hal informasi pelayanan antar kerja. Selain itu, memanfaatkan perkembangan teknologi informasi untuk menambah pengetahuan siswa-siswi SMK dalam menyongsong era industri 4.0.
Apalagi siswa-siswi tersebut, sebentar lagi akan naik kelas 12 dan tentunya memasuki dunia kerja. Sehingga nantinya, mereka akan mengetahui suasana di luar khususnya di perekrutan tenaga kerja. “Jadi peserta kegiatan ini, belum mendapatkan sertifikasi. Sebab, sertifikasi untuk kerja itu nanti ya, kalau tahap pengetahuan tentang bimbingan jabatan. Jadi biar adik-adik kita ini’ katakanlah kalau mau melamar pekerjaan tidak salah, sehingga nanti oleh pemateri akan diberikan informasi,” jelas Hengky Sukarno, lagi.
Karena, imbuh dia, materi yang disajikan bimbingan jabatan dan pengetahuan tentang tata cara bekerja di luar negeri, sehingga nanti tidak akan keliru ataupun salah dalam memilih pekerjaan. “Jadi tidak apa? Itu, istilahnya non prosedural,” terangnya.
Di tempat yang sama’ Supriyadi S.Pd., M.Pd.; sebagai Kepala SMKN 2 Jiwan menyambut baik. Karena kegiatan yang diselenggarakan Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Madiun dengan melibatkan siswa-siswi SMKN 2 Jiwan merupakan pelaksanaan positif ditunjang apalagi alumninya sudah banyak yang bekerja di luar negeri terutama di negara Jepang. Dimana saat ini, peserta didik SMKN 2 Jiwan’ yang nantinya juga akan memasuki pasar kerja memang sangat memerlukan bimbingan serta informasi’ terutamanya terkait ketenagakerjaan. Sebab, mereka dihadirkan sebagai peserta kegiatan sosialisasi ini’ merupakan peserta didik kelas 11 jurusan Teknik Sepeda Motor (TSM), Teknik Kendaraan Ringan (TKR), Permesinan, Akuntansi dan Multimedia.

Untuk menunjang kerja para peserta didik SMKN 2 Jiwan, memang diperlukan adanya kegiatan semacam ini. Karena ini adalah kegiatan positif, sehingga pihaknya sangat menyambut baik serta mendukungnya. Karena apa? Kegiatan ini, dapat memberikan kontribusi tentang pengetahuan kepada anak-anak. Pertama adalah peluang kerja, tata cara dalam bagaimana mekanisme bekerja di luar negeri yang sesuai prosedural pemerintah. “Artinya, mereka supaya tidak salah dalam memilih pekerjaan atau prosedural yang tidak benar. Ini, adalah harapan kami. Pengetahuan ini, memang sangat dibutuhkan anak-anak didik kami. Meskipun kegiatan seperti ini, juga baru pertama kali diikutinya,” ungkapnya.
Bahkan, ia mengharapkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Madiun agar kegiatan sosialisasi semacam ini’ dapat dilanjutkan kembali. Selain itu, mohon dukungan yang lain’ termasuk masalah bimbingan. Kemudian bagaimana fasilitas administrasi dan sebagainya. Termasuk juga pelatihan untuk anak-anak, sehingga dapat menunjang pekerjaan ke depannya.
“Dengan jumlah 210 siswa-siswi SMKN 2 Jiwan ini, merupakan peserta umum yang diambil secara acak. Karena kalau dihadirkan semua, tentu jumlahnya sekitar 700 orang siswa-siswi SMKN 2 Jiwan,” paparnya.
Supriyadi melanjutkan untuk pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), pihaknya selalu konsultasi dengan para perekrut tenaga kerja. Intinya perekrut tenaga kerja’ bahwa yang dibutuhkan adalah anak-anak berkarakter (profil pelajar Pancasila) dulu. Masalah kepandaian ataupun skill, itu nanti akan menyusul mengikutinya. Dengan seperti itu, kita arahkan prioritas lebih banyak ke arah penguatan keagamaan dan membangun kedisiplinan dalam wadah kegiatan Ketarunaan. “Itu yang kita laksanakan di sini. Makanya di SMKN 2 Jiwan, ada istilahnya kegiatan malam bina iman & taqwa. Jadi anak-anak bermalam di sekolah pada malam Minggu, lalu melaksanakan kegiatan keagamaan’ utamanya bedah malam,” urainya, lagi.

Tulisan Lainnya

Oleh : Admin Website

Medali Emas LKS JATIM Ke-32

Oleh : Admin Website

MENGAPA KURIKULUM PERLU BERUBAH ?

Oleh : Admin Website

HUT 18 SMK

Oleh : Admin Website

Pendidikan Karakter

Oleh : Admin Website

Peringatan Isra’ Mi’raj 1444 H

Oleh : Admin Website

Sumber Daya

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar

 

Silahkan masuk untuk bisa menulis komentar.