:: telepon 0351 868386   [email protected]
Info Sekolah
Rabu, 19 Jun 2024
  • ” Terwujudnya Lembaga Pendidikan Kejuruan yang bertaqwa kepada Tuhan YME, santun dalam bersikap, unggul dalam prestasi, terampil dalam berkarya, serta berbudaya lingkungan “
14 Desember 2022

MENGAPA KURIKULUM PERLU BERUBAH ?

Rabu, 14 Desember 2022 Kategori : Pendidikan

MENGAPA KURIKULUM PERLU BERUBAH ?

Oleh : Supriyadi, S.Pd., M.Pd.

Kepala SMKN 2 JIWAN Madiun

Perubahan dan dinamika jaman merupakan suatu hal yang tidak bisa kita hindari, dan tak mungkin bisa kita hindari, dan semua komponen harus siap dengan perubahan yang ada, salah satunya adalah dunia pendidikan. Pendidikan harus mengikuti perubahan zaman, agar peserta didik mempunyai kompetensi yang sesuai dengan tantangan zaman . dalam pendidikan , yang menjadi jantung adalah kurikulum. Dapat diartikan bahwa kurikulum merupakan panduan pembelajaran pada satuan pendidikan di mana dapat dimaknai sebagai titik awal sampai titik akhir dari pengalaman belajar peserta didik. Kurikulum itu kompleks dan multi dimensi. Fungsi Kurikulum bagi pendidikan adalah untuk memandu dalam proses belajar peserta didik dengan memperhatikan delapan Standar Nasional Pendidikan.

Apakah penting adanya perubahan Kurikulum?

Perkembangan zaman dan teknologi yang semakin cepat menuntut kita untuk terus menyesuaikan diri, secara tidak langsung pembelajaran secara daring yang kita lakukan selama masa pandemi telah merubah pandangan kita tentang belajar, dapat diketahui bahwa belajar dan mengajar dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja, selain itu perubahan kurikulum dilakukan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan peserta didik dan perkembangan zaman. Kurikulum yang baik adalah Kurikulum yang sesuai dengan zamannya, dan terus dikembangkan atau diadaptasi sesuai dengan konteks dan karakteristik peserta didik demi membangun kompetensi sesuai dengan kebutuhan mereka kini dan masa depan.

Mengapa kurikulum harus berubah ?

Pada Tahun Pelajaran 2022/2023, di mana kita memasuki era baru kurikulum merdeka, dalam benak kita akan bertanya mengapa kurikulum harus berubah lagi? Jawabannya adalah kurikulum berubah untuk menghadapi tantangan zaman yang juga berubah. Kurikulum tidak dapat digunakan dalam satu waktu yang panjang secara terus menerus tetapi harus mengikuti perubahan yang ada. Dunia pendidikan diharapkan membentuk generasi penerus bangsa yang kompeten, berkarakter, serta dapat berkolaborasi sehingga dapat berpartisipasi serta mewarnai perubahan yang ada. Peserta didik tidak hanya diberikan materi dan model pembelajaran secara seragam, tetapi materi dan model pembelajaran diharapkan berdiferensiasi sesuai dengan kecerdasan, bakat dan minat mereka.

Dengan berubahnya kurikulum maka akan berubah pula cara pandang kita terhadap peserta didik, mereka bukanlah pribadi yang sama , tetapi peserta didik adalah pribadi yang unik , berbeda satu sama lain, serta memiliki passion yang berbeda-beda. Hal itulah yang menjadi dasar berubahnya kurikulum yang lalu menjadi kurikulum merdeka, merdeka dalam belajar, merdeka dalam berkarya dan merdeka dalam berkolaborasi sehingga kita dapat menyiapkan generasi mendatang yang mempunyai karakter , visi dan misi yang mampu memandang ke depan dan mampu beradaptasi dengan perubahan yang terjadi.

Sebagaimana ungkapan Ki Hajar Dewantara

“ Pendidikan adalah menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia, maupun sebagai anggota masyarakat.”

Karena itu mari seluruh komponen masyarakat berperan aktif baik orang tua/wali peserta didik, masyarakat dan sekolah harus menempatkan kebutuhan, pendapat, pengalaman, hasil belajar serta kepentingan peserta didik sebagai pengembangan kurikulum karena pada hakikatnya kurikulum itu tidak kaku dan harus mengikuti perkembangan jaman serta dirancang untuk kebutuhan peserta didik.

 

Red. Khusnul

Tulisan Lainnya

Oleh : Admin Website

Medali Emas LKS JATIM Ke-32

Oleh : Admin Website

HUT 18 SMK

Oleh : Admin Website

Akselerasi Budaya Industri

Oleh : Admin Website

PPDB TAHUN 2022 SMKN 2 JIWAN

Oleh : Admin Website

P5 Tema Bangunlah Jiwa Raganya

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar

 

Silahkan masuk untuk bisa menulis komentar.