:: telepon 0351 868386   [email protected]
Info Sekolah
Minggu, 21 Jul 2024
  • ” Terwujudnya Lembaga Pendidikan Kejuruan yang bertaqwa kepada Tuhan YME, santun dalam bersikap, unggul dalam prestasi, terampil dalam berkarya, serta berbudaya lingkungan “
3 Oktober 2022

Menyiapkan Lulusan “Ready for Use”

Senin, 3 Oktober 2022 Kategori : Pendidikan

Salah satu tujuan besar SMK adalah menghasilkan lulusan yang siap kerja. Upaya itu diraih dengan berbagai usaha, salah satunya menggandeng mitra. Kali ini, perusahaan besar bekerja sama dengan SMKN 2 Jiwan yaitu Komatsu. Perusahaan multinasional produsen alat berat ini berkomitmen penuh mengembangkan kelas industri. Ditunjukkan dengan program sinkronisasi kurikulum, magang guru, guru tamu industri dan visitasi sebanyak dua kali. Visitasi yang terakhir pada 30 September – 1 Oktober 2022 lalu. Dalam visitasi ini, melalui SDM Komatsu, Agus Winarso, memberikan materi budaya kerja industri pada seluruh guru dan tenaga kependidikan.

“Budaya kerja ini tidak akan jalan bila hanya jurusan Pemesinan yang menerapkan, harus didukung oleh seluruh guru” tegas pria asli Madiun ini.

Budaya kerja yang dimaksud adalah 5K (Ketelitian, Kerapian, Kebersihan, Kesegaran dan Kedisiplinan), 3S (Senyum, Sapa dan Salam) dan basic safety. Agus juga memberikan berbagai contoh penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Pria yang sudah lebih 30 tahun bekerja di Komatsu ini memberikan apresiasi atas kerja keras SMKN 2 Jiwan membentuk kelas Komatsu. Kepala SMKN 2 Jiwan menuturkan bahwa kelas Komatsu berisi 36 anak dan dibentuk sejak awal tahun ajaran. Dengan tahapan, sosialisasi wali murid, seleksi internal, hingga pembuatan ruang kelas, ruang praktik, latihan PBB serta penyeragaman APD. Diharapkan siswa di kelas ini nantinya dapat menjadi pioneer bagi teman sebaya dalam berbudaya industri.

(Report: Ahya)

Tulisan Lainnya

Oleh : Admin Website

MENGAPA KURIKULUM PERLU BERUBAH ?

Oleh : Admin Website

Medali Emas LKS JATIM Ke-32

Oleh : Admin Website

HUT 18 SMK

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar

 

Silahkan masuk untuk bisa menulis komentar.