Info Sekolah
Sabtu, 24 Feb 2024
  • ” Terwujudnya Lembaga Pendidikan Kejuruan yang bertaqwa kepada Tuhan YME, santun dalam bersikap, unggul dalam prestasi, terampil dalam berkarya, serta berbudaya lingkungan “
6 Januari 2022

MoU dengan PT Komatsu Indonesia

Kamis, 6 Januari 2022 Kategori : Pendidikan

Penandatanganan MoU antara PT Komatsu Indonesia dengan SMK Negeri 2 Jiwan digelar di Garden of Pridge PT Komatsu Undercarriage Indonesia yang terletak di Kawasan Industri Jababeka Cikarang Bekasi Jawa Barat, Senin (03/01/2022).
Presiden Direktur PT Komatsu Undercarriage Indonesia, Bp. Jamalludin menyatakan, pihaknya merekrut lulusan SMK yang siap kerja, dan siap mental. “Tahun lalu kami sudah merekrut 40 siswa untuk yang ketiga kalinya yang kami anggap sudah mumpuni, karakternya pas, jadi kita tinggal mengisi posisi yang dibutuhkan perusahaan,” ujar Jamalludin.

Sementara itu untuk memperingati 100 Tahun Komatsu International serta 10 Tahun Komatsu Undercarriage pihaknya masuk kembali dalam program Link and Match, nantinya industri membutuhkan apa, dari pendidikan kejuruan menyiapkan apa, sehingga nyambung sesuai permintaan yang ada di industri. Jamalludin juga mengatakan, disamping waktu siswa harus siap dari dasar dalam memasuki dunia kerja. Karena teori saja tidak cukup. “Kita menyiapkan area untuk siswa kerja praktik, kita menyiapkan instruktur untuk melakukan pengajaran di SMK binaan. Kita juga mengundang para guru untuk magang di sini agar tahu kebutuhan industri seperti apa,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Jiwan, Bp. Supriyadi, S.Pd., M.Pd. menyampaikan rasa terima kasih atas kepedulian dari PT Komatsu terhadap pendidikan kejuruan (SMK) bersinergi membentuk kelas industri, selain itu juga untuk magang bagi guru dan peserta didik, instruktur tamu serta kerja sama dalam sinkronisasi kurikulum.
Selanjutnya bersama-sama mendidik dan memberikan keterampilan berstandar industri kepada peserta didik yang nantinya setelah lulus bisa siap dipakai oleh perusahaan. ”Kami punya keunggulan utamanya di pendidikan karakter anak-anak, untuk kompetensinya kita garap bareng dengan industri sesuai dengan kurikulum yang sudah disinkronisasi,” jelas Supriyadi.

Pihaknya berharap kesepahaman bersama ini sebagai rintisan kerja sama dengan industri-industri lain, sekaligus sebagai bentuk nyata pendidikan karakter dan mempercepat sinkronisasi kurikulum dengan industri sehingga mutu lulusan SMK memiliki daya saing di era yang ketat ini. Kepala SMK Negeri 2 Jiwan berharap dengan kehadiran PT Komatsu Indonesia bisa mempercepat perubahan mindset budaya industri terhadap segenap stakeholder sekolah. Pihaknya juga menghimbau kepada para segenap pemangku kepentingan sekolah untuk terus memperkuat program-program penguatan karakter bagi peserta didik memperhatikan keterserapan utama dari industri adalah dari faktor karakter (attitude) yang baik.

Tulisan Lainnya

Oleh : Admin Website

MENGAPA KURIKULUM PERLU BERUBAH ?

Oleh : Admin Website

HUT 18 SMK

Oleh : Admin Website

Akselerasi Budaya Industri

Oleh : Admin Website

Inovasi & Kreativitas Guru

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar

 

Silahkan masuk untuk bisa menulis komentar.