Info Sekolah
Kamis, 23 Mei 2024
  • ” Terwujudnya Lembaga Pendidikan Kejuruan yang bertaqwa kepada Tuhan YME, santun dalam bersikap, unggul dalam prestasi, terampil dalam berkarya, serta berbudaya lingkungan “

Pelatihan Drone Multimedia

Dalam rangka meningkatkan kemampuan SDM satuan pendidikan SMKN 2 Jiwan yang berkompeten di bidang media informasi terutama dalam kegiatan videografi, survei, pemetaan dan jurnalistik, Kompetensi Keahlian Multimedia menggelar pelatihan dasar pengoperasian drone pada tanggal 12 – 16 Oktober 2021.

Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang LSP 2, diikuti oleh 8 guru multimedia dan 15 peserta didik multimedia kelas X dan XI. Acara ini dibuka oleh Kepala Sekolah Bp. Supriyadi, S.Pd., M.Pd. dengan pesan utamanya peningkatan SDM guru dan peserta didik sesuai kebutuhan jaman sangat perlu dilaksanakan tentu semua harus berdasarkan nilai iman dan taqwa.
Pada pelatihan ini sebagai narasumbernya Bp. Septiyan Aji Kusuma dari Komunitas Drone Madiun didampingi Bp. Alfan Nofriya Ahmadi, S.Kom. selaku Kepala Kompetensi Keahlian Multimedia.

Peserta diberikan materi tentang teori dasar fotografi dan pengoperasian drone. Beberapa point yang akan anda pelajari dalam mengikuti pelatihan ini adalah sebagai berikut: Mengenal drone; Mengenal komponen – komponen drone; Mengenal fungsi remot kontrol; Mengenal Aplikasi DJI GO beserta fitur – fiturnya; Mengenal Auto pilot dan Mode pintar drone; Mengenal System keamanan dasar penerbangan drone di Indonesia; Tips perawatan drone; Praktek menerbangkan drone; Dasar – dasar Aerial Fotografi; Dasar – dasar Aerial Videografi; Dasar – dasar fotogrametri

Drone adalah alat serupa pesawat tanpa awak dengan teknologi canggih yang dapat dikendalikan melalui remote control serta memiliki kemampuan terbang pada ketinggian tertentu.
Drone dilengkapi dengan kamera untuk memantau ataupun merekam gambar. Selain digunakan untuk keperluan militer, drone a1slottogel juga digunakan dalam fotografi serta pembuatan video. Drone menggunakan baterai yang dapat diisi ulang atau di-charge untuk daya penerbangannya.

Selain untuk kepentingan fotografi & videografi udara, pesawat drone mempunyai banyak kegunaan seperti pencarian dan penyelamatan korban bencana, memantau lalu lintas dan cuaca, membantu pemadaman kebakaran, dan juga untuk kegunaan bidang-bidang lainnya.