Info Sekolah
Sabtu, 24 Feb 2024
  • ” Terwujudnya Lembaga Pendidikan Kejuruan yang bertaqwa kepada Tuhan YME, santun dalam bersikap, unggul dalam prestasi, terampil dalam berkarya, serta berbudaya lingkungan “

Sinkronisasi Kurikulum Industri

Pada penghujung bulan Agustus 2020 tepatnya pada hari Senin-Selasa tanggal 29-30 telah dilaksanakan sinkronisasi kurikulum berbasis industri antara Program Keahlian Otomotif dengan PT. Bisnis Digital Ekonomi yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Direkturnya Bp. Raharjo, ST.  Penyelarasan kebutuhan standar kompetensi menjadi aspek penting ketika kemajuan teknologi di industri terjadi lebih cepat ketimbang di dunia Pendidikan. Maka dari itu, untuk menjaga agar SMK tetap adaptif dengan perubahan yang terjadi, pola kemitraan berkelanjutan merupakan pilihan utama untuk menjembatani adanya kesenjangan yang menjadi akar masalah link and match antara SMK dengan DU/DI menurut Raharjo.

Dalam kesempatan yang sama Kepala SMKN 2 Jiwan Bp. Supriyadi, M,Pd. juga menyampaikan bahwa pelaksanaan penyelarasan standar kompetensi tersebut menjadi tujuan utama bagi pemerintah (Program Prioritas Direktorat Jenderal Vokasi Kemendikbud Ristek) dalam mempersiapkan output SMK untuk semakin kompetitif sesuai tuntutan lapangan kerja maupun realitas DU/DI yang berubah begitu cepat.

Produk penyelarasan ini menghasilkan portofolio berupa Alur Tujuan Pembelajaran sesuai masukan industri sebagai sintesa Capaian Pembelajaran (CP) serta peta jalan konsep Project Based Learning (PjBL) menuju penerapan Teaching Factory (TEFA) dengan produk motor listrik yang akan merupakan komponen vital tren perkembangan dunia Otomotif di masa depan.