Info Sekolah
Kamis, 23 Mei 2024
  • ” Terwujudnya Lembaga Pendidikan Kejuruan yang bertaqwa kepada Tuhan YME, santun dalam bersikap, unggul dalam prestasi, terampil dalam berkarya, serta berbudaya lingkungan “

Asesmen Nasional 2021

Asesmen Nasional (AN) merupakan pengganti dari Ujian Nasional (UN), yang akan diikuti tidak hanya siswa/i, tetapi juga guru dan kepala sekolah. Peserta khususnya siswa, perlu memenuhi syarat agar bisa mengikuti AN 2021.

Asesmen Nasional adalah evaluasi yang dilakukan oleh pemerintah untuk pemetaan mutu sistem pendidikan pada satuan tingkatan pendidikan dasar dan menengah. Evaluasi tersebut menggunakan instrumen asesmen kompetensi minimum, survei karakter, dan survei lingkungan belajar.

Siswa/i peserta AN tidak perlu melakukan persiapan khusus seperti mengikuti bimbingan belajar atau bimbel. Guru dan siswa/i tidak perlu berlomba-lomba meningkatkan skor pada AN tahun ini.

Bersumber dari Panduan Operasional Standar (POS) penyelenggaraan asesmen nasional 2021, peserta yang bisa mengikuti AN pada satuan pendidikan SMK adalah Kelas XI. Siswa dipilih secara acak menang123 atau random di setiap satuan pendidikan dengan metode yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan.

Berikut ini syarat peserta Asesmen Nasional 2021 jenjang SMK, yang perlu diperhatikan siswa/i maksimal 45 siswa dan cadangan 5 siswa.

Ada pula persyaratan siswa yang mengikuti AN 2021, di antaranya:

1. Siswa terdaftar dalam pangkalan Dapodik atau Emis yang memiliki Nomor Induk Sekolah Nasional (NISN) yang valid
2. Siswa masih aktif belajar pada satuan pendidikan kelas XI SMK
3. Peserta didik tunarungu dan tunadaksa tanpa tambahan hambatan pada satuan pendidikan luar biasa dan satuan pendidikan NAGAHOKI303 yang memiliki peserta didik inklusi.
4. Peserta didik yang memiliki hambatan bahasa atau membaca pada satuan pendidikan umum atau satuan pendidikan luar biasa, tidak bisa mengikuti AN.
5. Siswa/i SMK dan sederajat yang memiliki laporan penilaian hasil belajar kelas 10 semester ganjil dan genap.

Pelaksanaan Asesmen Nasional di SMK Negeri 2 Jiwan berlangsung pada Senin, 21 September 2021 untuk materi literasi dan Selasa, 22 September 2021 untuk materi literasi sedangkan untuk Kepala Satuan Pendidikan beserta tenaga pendidik melaksanakan Survei Lingkungan Belajar pada waktu yang bersamaan.