5 siswa dari masing2 jurusan mengikuti simulasi AKM pada Selasa, 17/11/20, di lab 6. Meskipun ada sedikit kendala pada server pusat, ujian yg semula direncanakan pukul 09.30, bisa digelar mulai pukul 11.30. Selama 60 menit, mereka mengerjakan 20-30 soal bermuatan literasi dan numerasi.

“Soalnya sulit pak, bacaannya panjang, suruh ngitung juga,” kata Bryan Daniel, siswa kelas XI TBSM 1.

Peserta simulasi memang kelas XI, yang nantinya juga akan mengikuti AKM pada awal tahun depan. Materinya yaitu tentang literasi dan berhitung dan analisa kasus, mirip dengan soal HOTS. Bentuk soal ada pilihan ganda, Benar Salah, menjodohkan dan uraian.

“Mirip soal Bahasa dan Matematika,” lanjut Bryan.

Namanya juga simulasi, ada beberapa gangguan dan kesalahan dalam penyajian soal. Satu peserta juga log out sendiri ketika baru mengerjakan 30 menit. Tapi tak menyurutkan tekad peserta lain untuk menyukseskan simulasi sekaligus belajar format AKM.

AKM merupakan program baru dari pemerintah yang bertujuan memetakan kualitas pendidikan. Jadi nantinya tidak akan muncul nilai per siswa, adanya nilai per sekolah. Kelas XI pun nanti tidak semua akan mengikuti AKM, siswa peserta akan dipilih langsung oleh Dapodik.

Tugas kita sebagai guru, sebaik mungkin memberikan wawasan dan motivasi tentang jenis soal-soal AKM ke siswa. Semoga dengan usaha dan doa bersama, Smakda Jiwan Sukses AKM 2021!