:: telepon 0351 868386   [email protected]
Info Sekolah
Sabtu, 07 Sep 2024
  • ” Terwujudnya Lembaga Pendidikan Kejuruan yang bertaqwa kepada Tuhan YME, santun dalam bersikap, unggul dalam prestasi, terampil dalam berkarya, serta berbudaya lingkungan “
19 Juli 2024

MPLS 2024 SERENTAK SMK/SMA/PLB JAWA TIMUR

Jumat, 19 Juli 2024 Kategori : Pendidikan

MPLS Seru dan Penuh Semangat Di SMK N 2 JIWAN….

MPLS merupakan suatu kegiatan rutin di awal Tahun Pembelajaran Baru bagi kelas X untuk diberikan pengenalan yang menyenangkan kepada para peserta didik baru. MPLS dibuka serentak oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Pendidikan pada hari Senin, tanggal 15 Juli 2024 yang dipusatkan di SMKN 5 Surabaya yang diikuti serentak oleh seluruh satuan pendidikan SMA/SMK/SLB Negeri/Swasta secara daring. MPLS serentak se Jawa Timur dibuka oleh Pj Gubernur Jawa Timur Bapak Adhy Karyono A.ks., M.A.P., dengan memberikan sebuah penguatan pesan bahwa sekolah wajib bersih dan bebas dari segala macam praktik Perundungan dan Kekerasan, ciptakan lingkungan sekolahan yang nyaman dan menyenangkan bagi peserta didik. Tema utama ini ditandai dengan Pembacaan Ikrar Pelajar Anti Kekerasan dan Perundungan serta ditandai dengan Penandatanganan Deklarasi Anti Perundungan yang diikuti oleh Sekolah SMA/SMK/SLB Negeri/Swasta se Jawa Timur.

SMKN 2 Jiwan Menggelar kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah dengan penuh semangat yang luar biasa. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk memberikan pengenalan yang menyenangkan kepada para peserta didik baru. Kegiatan MPLS ini berlangsung mulai tanggal 15 hingga 19 Juli 2024 dan dihadiri oleh sejumlah 710 peserta didik baru yang akan memulai perjalanan pendidikan mereka di sekolah tercinta dengan segudang prestasi. MPLS di SMKN 2 Jiwan diselenggarakan sesuai petunjuk dan arahan dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur dengan berbagai kegiatan diantara lain yaitu kegiatan pertama dilakukan sosialisasi dan pengenalan sekolah. Peserta didik baru diberikan Informasi tentang Visi dan Misi SMKN 2 Jiwan dikenalkan dengan Struktur Organisasi sekolah dan berbagai fasilitas yang tersedia. Kegiatan ini tentulah tidak lepas dari pendampingan kakak – kakak OSIS SMAKDA. Kegiatan MPLS hari kedua tentang Bela Negara dengan mengangkat tema ‘’Menumbuhkan Jiwa Kesadaran Berbangsa dan Bernegara’’ melalui arahan dari Kepolisian Sektor Jiwan. Di hari ketiga dilanjutkan dengan materi utama ketarunaan salah satu tema untuk membangun nilai-nilai kedisiplinan yang ditekankan dilatih langsung dari Koramil dengan kegiatan latihan PBB untuk tujuan membentuk karakter yang kuat, kedisiplinan dan menanamkan jiwa kepimpinan dengan mempunyai rasa tanggung jawab sejak dini. Kegiatan MPLS di hari keempat bertemakan Kesehatan Reproduksi Remaja yang disampaikan oleh Puskesmas Kecamatan Jiwan. Kegiatan penunjang setiap hari juga disampaikan antara lain penguatan karakter religi, tata krama, budaya tata tertib, profil pelajar Pancasila, wawasan wiyata mandala, STOP Perundungan, dan yang tidak kalah menarik yaitu Sosialisasi Ekstrakurikuler. Ada berbagai Ekskul yang ditawarkan kepada peserta didik baru mulai dari PMR, Keagamaan (ROHIS), Seni Tari, Pramuka, KOPASDA, Marching Band, Jurnalistik dan Extra Futsal. Dalam kegiatan sosialisasi Extrakurikuler ini harapanya peserta didik baru dapat mengeksplorasi minat dan bakatnya dalam berbagi bidang di kegiatan.

Kepala Sekolah SMKN 2 Jiwan Bapak Budi Setiawan, S.Pd., M.Si., dalam acara Penutupan Kegiatan MPLS menyampaikan bahwa kegiatan MPLS adalah langkah awal yang sangat penting dalam perjalanan pendidikan para peserta didik. Kami keluarga Besar SMKN 2 jiwan berkomitmen untuk memberikan pegalaman MPLS yang berkesan dan membangun pondasi yang kuat untuk masa depan selama belajar di SMKN 2 Jiwan. Para peserta didik baru sangat antusias, riang gembira dan bersemangat selama acara MPLS, mereka menjalin pertemanan, belajar tentang sekolah dan merasakan atmosfer positif yang ada di lingkungan sekolah. Kami segenap sivitas akademik mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung kepada peserta didik baru dirumah barunya….

‘’MPLS SERUUUUUU PENDIDIKAN MAJU…SMK 2 JIWAN SEMAKIN TERTUJU…’’

 

Red. Ayun

Tulisan Lainnya

Oleh : Admin Website

Medali Emas LKS Nasional 2024

Oleh : Admin Website

MENGAPA KURIKULUM PERLU BERUBAH ?

Oleh : Admin Website

HUT 18 SMK

Oleh : Admin Website

PPDB TAHUN 2022 SMKN 2 JIWAN

Oleh : Admin Website

Peringatan Isra’ Mi’raj 1444 H

Oleh : Admin Website

Medali Emas LKS JATIM Ke-32