:: telepon 0351 868386   [email protected]
Info Sekolah
Minggu, 21 Jul 2024
  • ” Terwujudnya Lembaga Pendidikan Kejuruan yang bertaqwa kepada Tuhan YME, santun dalam bersikap, unggul dalam prestasi, terampil dalam berkarya, serta berbudaya lingkungan “

AKITO 2023 … SMKN 2 JIWAN “JUARA!”

AKITO (All Komatsu Indonesia Technical Olimpiade) Tahun 2023 merupakan ajang Kompetisi Olimpiade Teknik yang diadakan setiap tahun oleh PT KOMATSU INDONESIA dengan sekolah link and match yang diikuti oleh SMK binaan seluruh Indonesia.

Pada Tahun 2023 ini SMK Negeri 2 Jiwan mengikuti 2 cabang lomba yaitu Machining Manual Lathe (Operasi Mesin Bubut) dan Inspection Basic Measurement (Inspeksi Pengukuran). Puji syukur kami panjatkan bahwa dari kedua cabang yang diikuti dapat meraih juara.

  • Machining Manual Lathe (Operasi Mesin Bubut)

Lomba ini diikuti oleh 58 peserta SMK dari seluruh Indonesia yang menguji kemampuan siswa dalam penguasaan teori maupun praktik Pemesinan. SMK Negeri 2 Jiwan mengirimkan 2 Peserta atas nama Verdy Taruna Ma’ruf dan Ibnu Tegar Waskito, keduanya siswa kelas XI Komatsu. Lomba ini diawali dengan tahap I Seleksi test tertulis untuk diambil 10 besar. Seleksi ini bertujuan menguji penguasaan materi teori Teknik Pemesinan dan Budaya Industri Komatsu. Kedua siswa lolos 10 besar dan dilanjutkan seleksi ke II yaitu seleksi praktik secara on line. Seleksi ke II ini siswa Patriot88 unjuk kebolehan praktik dan diawasi langsung oleh Panitia dari Komatsu lewat aplikasi video conference Google Meet.

Seleksi II ini meloloskan Verdy Taruna Ma’ruf yang lolos 5 besar untuk melanjukan tahap berikutnya adalah Praktik yang dilaksanakan di PT. KUI (PT . Komatsu Undercarriage Indonesia, Cikarang). Lomba dilaksanakan selama 2, di hari pertama peserta didampingi guru melakukan pengenalan alat, kemudian dilanjutkan test praktik di hari ke II. Alhamdulillah siswa  Verdy Taruna Ma’ruf keluar menjadi Juara I, disusul Juara II Naufal Insan Anggareksa dari SMK Negeri 6 Semarang, sedangkan Juara III diraih Muhammad Raihan Setiana Rizky dari SMK Negeri 2 Tasikmalaya.

  • Inspection Basic Measurement Tool

Lomba ini diikuti oleh 79 peserta SMK dari seluruh Indonesia. SMK Negeri 2 Jiwan mengirimkan 2 peserta untuk bidang lomba Inspection Basic Measuring Tools yaitu Bima Nur Rahman dan Aditya Fajar Kristanto. Lomba ini terdiri dari tiga tahap seleksi, Seleksi I untuk mencari 15 besar materi lomba ini adalah pengetahuan teori tentang Budaya Industri Komatsu, Dasar – Dasar Kejuruan Teknik mesin dan Dasar – dasar pengukuran. Tahap II dari perlombaan Inspection Basic Measurement Tools adalah test tertulis secara on line untuk mengambil 5 besar materi test ini selain mencakup di test seleksi tahap I juga materi kemampuan teknis dari Inspeksi meliputi, standar Pengukuran JIS, teori tentang Standard JIS. Semua seleksi dilaksanakan secara on line dengan Quizizz yang dipandu panitia dari PT KOMATSU INDONESIA.

Seleksi tahap III menyisakan 5 besar dari sekolah yang berbeda diantaranya SMK Negeri 2 Jiwan, SMK Negeri 1 Balikpapan, SMK Muhammadiyah 4 Boyolali, SMK Boedi Oetomo Cilacap, serta SMK Negeri 2 Bandung. Seleksi tahap III dilaksanakan di PT Komatsu Indonesia Cilincing Jakarta Utara. Pada pelaksanaan hari pertama pengenalan alat, hari kedua  tes teori dan tes praktik. Tes praktik menguji kemampuan dalam penggunaan beberapa alat seperti vernier caliper, micrometer, height gauge dan roughness test paket99. Selain itu test praktik menguji peserta dalam kemampuan membaca gambar teknik. Dari 5 peserta menghasilkan juara I Dimas Bagaskara dari SMK Negeri 1 Balikpapan, Juara II Djava Muhammad dari SMK Muhammadiyah 4 Boyolali, dan juara III Bima Nur Rahman dari SMK Negeri 2 Jiwan.

“Buah Naga untuk kudapan rasanya manis sekali … Semoga SMK 2 Jiwan semakin berprestasi”

Red. mltr

Prestasi Lain